Misoprostol - Manfaat, Cara Pakai, Dosis dan Efek Samping

Misoprostol adalah obat untuk mengobati dan mencegah tukak lambung, terutama akibat penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini juga bisa menurunkan risiko terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh tukak lambung, yaitu perdarahan.
Misoprostol - Manfaat, Cara Pakai, Dosis dan Efek Samping

Misoprostol tersedia dalam bentuk tablet. Obat ini bekerja dengan cara melapisi lambung sekaligus menurunkan jumlah asam lambung. Dosis misoprostol yang diresepkan berdasarkan pada kondisi kesehatan penderita.

Obat Misoprostol ini dapat menimbulkan mual, kram perut ataupun diare pada minggu pertama pemakaian. Bila gejala tersebut tidak kunjung hilang setelah 8 hari menggunakan misoprostol, konsultasikan kembali dengan dokter.

Baca Juga : Cara Menggugurkan Kandungan Secara Cepat dan 100% Berhasil
Merek dagang misoprostol: Cytotec, Cytostol, Inflesco, Invitec, Mipros, Misotab Misoprostol, Noprostol, dan Proster.

Apa Itu Misoprostol ?

  • Golongan : Analog prostaglandin
  • Manfaat : Mengobati dan mencegah tukak pada lambung.
  • Dikonsumsi oleh : Dewasa dan anak-anak
  • Misoprostol untuk ibu hamil dan menyusui : Kategori X - Studi pada binatang percobaan dan manusia telah memperlihatkan adanya abnormalitas terhadap janin atau adanya risiko terhadap janin. Obat dalam kategori ini dikontraindikasikan pada wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.
  • Bentuk obat : Tablet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Misoprostol :

  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat misoprostol atau obat golongan analog prostaglandin yang lain, seperti travopros.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, obat herbal, dan suplemen tertentu, sebelum menggunakan misoprostol.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan. Kondisi-kondisi tersebut tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita hipertensi, hipotensi, gangguan pada jantung atau pembuluh darah, gangguan ginjal, dan peradangan pada usus.
  • Jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis dan Aturan Pakai Misoprostol

Misoprostol hanya boleh diberikan oleh dokter, dan dosisnya akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Berikut adalah dosis misoprostol berdasarkan kondisi yang ingin ditangani:
  • Tujuan: mengatasi tukak lambung dan tukak usus halus
  • Dosis: 0,4 mg sebanyak 2 kali sehari, atau 0,2 mg sebanyak 4 kali sehari. Lama pengobatan bisa berlangsung 4-8 minggu.
  • Tujuan: mencegah tukak lambung akibat obat antiinflamasi nonsteroid
  • Dosis:  0,2 mg sebanyak 2-4 kali sehari. Jika muncul efek samping, dosis dapat dikurangi menjadi 0,1 mg sebanyak 4 kali sehari.
Selain untuk mengatasi tukak lambung, misoprostol dapat diberikan oleh dokter membantu persalinan. Dosis dan cara penggunaan misoprostol untuk tujuan ini akan disesuaikan dengan kondisi pasien.

Cara Menggunakan Misoprostol dengan Benar

Pastikan penggunaan misoprostol sesuai dengan anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan sebelum mengonsumsinya. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan mengonsumsi misoprostol pada waktu yang sama setiap hari agar efeknya maksimal.

Misoprostol tidak diperkenankan digunakan oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan kecacatan pada bayi. Gunakan kontrasepsi yang efektif selama mengonsumsi obat ini agar tidak hamil. Jika diketahui Anda positif hamil saat menggunakan obat ini, segera hubungi dokter.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi misoprostol, disarankan untuk segera melakukannya jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Apabila sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan misoprostol pada suhu ruangan dan hindarkan dari sinar matahari langsung. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Misoprostol dengan Obat Lain

Ada beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan misoprostol. Interaksi yang bisa terjadi akibat penggunaan misoprostol dengan obat lainnya meliputi:
  • Memperparah efek samping diare, jika dikonsumsi bersama antasida yang mengandung ion magnesium (magnesium hidroksida).
  • Meningkatkan efek kontraksi otot rahim, jika dikonsumsi bersama obat oksitoksin atau obat untuk induksi persalinan lainnya.

Efek Samping Menggunakan Misoprostol

Ada beberapa efek samping yang mungkin saja dapat terjadi setelah mengonsumsi misoprostol. Efek samping tersebut meliputi :
  1. Diare
  2. Sakit kepala
  3. Sakit perut
  4. Perut kembung
  5. Muntah
  6. Sembelit
  7. Gangguan pencernaan
Pada wanita, walaupun jarang terjadi bisa terjadi kram perut dan keluarnya darah menstruasi lebih banyak daripada biasanya setelah mengonsumsi misoprostol.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami muntah darah, menemukan adanya darah pada tinja, dan merasa sangat haus, kepanasan, tidak bisa buang air kecil, atau merasa kulit sangat kering dan panas setelah mengonsumsi misoprostol.

Terakhir diperbarui: 24 Maret 2020
Ditinjau oleh: dr. Merry Dame Cristy Pane
Dirilis Oleh : Apotik Classic

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Misoprostol - Manfaat, Cara Pakai, Dosis dan Efek Samping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel